Monday, November 20, 2017

Cara Budidaya Udang Vanamei Secara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Yatop Di

Cara Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Yatop

image_20170915_072557_5.jpg

1. Bagaimana memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu paling utama, pertama yang harus di sterilkan yakni media air terlebih dulu. Taburlah Yatop 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan cara dicampur air, usahakan penaburan dengan rata. Tujuannya biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan nyaman saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan cepat.


Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem di area tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, gesit dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali adalah hal yang wajib, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi cuaca ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan pupuk yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter sampai masa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat subur ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang sulit moulting pasti ada hal yang salah di area tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani enggan untuk mengeceknya. Kebanyakan Petani kita pengen hasil instan. Penyebab udang tidak moulting karena kulit udang mengeras. Solusinya yakni dengan menaburkan yatop 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu perih kalau kena luka, perihnya itu hanya dalam hitungan detik atau menit, jika terkena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?



Udang stress/teller karena banyak penyebab, misalkan adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya adalah kalau tutup botol sedikit di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya akan muncul ke atas berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusinya dengan cara taburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun maka taburkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 minggu sekali. Jangan lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan dapat bertahan sampai 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari jika timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai kota di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tersebut berasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam waktu 3 hari akan berubah warnanya. Makanya kami menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur pupuk yatop dulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini telah terbukti dengan melakukan uji coba kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan untuk bakteri.


5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik sebagai makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di berikan pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang sudah menggunakan yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About Unknown

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Cara Budidaya Udang Vanamei Secara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Yatop Di

Post a Comment

Back To Top